Komunikasi dan Informasi Kesehatan

Oleh: Amanda Diva Ikfiani (2130018026) – IKM 2A

Komunikasi Ksehatan
Komunikasi adalah proses pengoperasian rangsangan (stimulus) dalam bentuk lambang atau simbol bahasa atau gerak (non verbal), untuk mempengaruhi perilaku orang lain.
Komunikasi kesehatan merupakan bagian dari komunikasi antar manusia yang memiliki fokus pada bagaimana seorang individu dalam suatu kelompok/masyarakat menghadapi isu-isu yang berhubungan dengan kesehatan serta berupaya untuk memelihara kesehatannya (Northouse dalam Notoatmodjo, 2005).
Komunikasi kesehatan meliputi informasi tentang pencegahan penyakit, promosi kesehatan, kebijaksanaan pemeliharaan kesehatan, regulasi bisnis dalam bidang kesehatan yang sejauh mungkin mengubah dan memperbaharui kualitas individu dalam suatu komunitas masyarakat dengan mempertimbangkan aspek ilmu pengetahuan dan etika.
Komponen komunikasi...
Sender : orang yang mengirimkan pesan
Receiver : orang yang menerima pesan
Pesan : informasi yang diterima, bisa berupa kata, ide, atau perasaan
Media : metode yang digunakan dalam pesan
Umpan balik : informasi/pesan kembali dari penerima pesan kepada pengirim pesan
Peran Penting Komunikasi Kesehatan
Komunikasi kesehatan meningkatkan kesadaran individu tentang isu-isu kesehatan, masalah kesehatan, resiko kesehatan serta solusi kesehatan. Peningkatan kesadaran individu akan hal-hal tersebut ini berdampak pada keluarga serta lingkungan komunitas individu.
Peran penting komunikasi kesehatan juga tercermin dalam judul pengantar "The Healthy People 2010 Information" yang menyatakan "use communication strategically to improve health". Artinya, tidak ada jalan lain menyukseskan kesehatan individu dan masyarakat kecuali dengan memanfaatkan jasa komunikasi.
Komunikasi Kesehatan dalam Keseharian
Komunikasi kesehatan dengan pasien/penderita
Komunikasi kesehatan dengan pihak keluarga
Komunikasi kesehatan untuk masyarakat
Komunikasi kesehatan dalam berbagai bentuk seperti media advokasi, media massa, media entertainmen dan internet mampu membentuk sikap dan mengubah perilaku individu dengan cara meningkatkan kesadaran dan menambah pengetahuan tentang isu-isu kesehatan, masalah-masalah kesehatan dan solusi kesehatan dengan tujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan derajat kesehatan.
Informasi
Penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk  diketahui dan dimanfaatkan seperlunya.
KIE kesehatan meliputi informasi tentang :
Perilaku hidup bersih dan sehat
Kesehatan lingkungan dan kerja
Kesehatan ibu dan anak
Perbaikan gizi masyarakat
Pencegahan penyakit menular dan tidak menular
Upaya promosi kesehatan
Sosialisasi kebijakan kesehatan, dll


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP SEHAT SAKIT

THE ACHIEVEMENT OF PUBLIC HEALTH IN THE 20TH CENTURY

Fitri 1434 H