Ajaran Agama Islam Yang Mendukung Kesehatan Masyarakat

Manusia sebagai tidak bisa menjalani kehidupan tanpa adanya petunjuk. Agama islam merupakan tuntunan hidup bagi manusia. Agama islam mengatur semua hal dari berbagai macam aspek yang berhubungan denga kehidupan manusia dan seluruh makhluk-Nya, salah satunya yang berhubungan denga kesehatan masyarakat.

Islam merupakan agama yang sangat memperhatikan tentang kebersihan lingkungan yang nantinya juga akan berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Banyak ayat Al-Qur’an dan Hadits yang menjelaskan dan menganjurkan bahkan mewajibkan setiap manusia untuk menjaga kelangsungan hidupnya dan seluruh makhluk-Nya.

Dalam ajaran agama islam dikenal juga dengan konsep yang berkaitan dengan penciptaan manusia dan alam semesta yakni konsep Khalifah yang amanah. Konsep khalifah menyatakan bahwa manusia telah dipilih oleh Allah SWT dimuka bmi ini (Khalifatullah Fil’ardh). Sebagai wakil Allah SWT, manusia wajib bisa berusaha untuk mengamalkan sifat-sifat Allah SWT. Salah satu sifat Allah tentang alam adalah sebagai pemelihara atau penjaga alam (rabbul’alamin). Jadi sebagai wakil Allah di bumi, manusia harus aktif dan bertanggung jawab untuk menjaa bumi. Artinya, menjaga keberlangsungan fungsi bumi sebagai tempat kehidupan makhluk Allah termasuk manusia sekaligus  menjaga keberlangsungan kehidupannya.

Penjelasan tersebut tercantum dalam surat Al-An’am ayat 141-142, intinya manusia mempunyai hak untuk memanfaatkan segala sesuatu yang tedapat di muka bumi (Sumber Daya Alam) yang tidak melampaui batas atau berlebihan.
Q.S Al-An'am:141-143



 Artinya :“Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buabnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya), dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah baknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (QS. 6: 141) Dan di antara binatang ternak itu ada yang dijadikan untuk pengangkutan dan ada yang untuk disembelih. Makanlah dari rizki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu mengikuti langkab-langkab syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. 6: 142)” (al-An’aam: 141-142)

Islam juga mempunyai kewajiban untuk menjaga lingkungan yang bersih, karena kebersihan merupakan bagian hidup masyarakt islam seperti diutarakan oleh Nabi Muhammad SAW dengan hadits nya yang berbunyi “ Kebersihan merupakan bagian dari iman”. 


Daftar Pustaka:
     Trusty, Liiza. 2014. Ajaran Islam Dalam Aspek Kesehatan Lingkungan 

Ditulis oleh:
Artha Ferninda Oktavian (2130018029)
Semester 2/A

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP SEHAT SAKIT

THE ACHIEVEMENT OF PUBLIC HEALTH IN THE 20TH CENTURY

Fitri 1434 H